NAMA :YOPILAE
NPM :17211571
KELAS : 3EA27
Dosen :
Tomy Sumiarso, SE
PROSES
PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
Menurut
Kotler (2001:144):
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah kebudayaan, faktor sosial, pribadi, psikologis. Sebagian faktorfaktor tersebut tidak diperhatikan oleh pemasar tetapi sebenarnya harus diperhitungkan untuk mengetahui seberapa jauh faktor-faktor perilaku konsumen tersebut mempengaruhi pembelian konsumen.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah kebudayaan, faktor sosial, pribadi, psikologis. Sebagian faktorfaktor tersebut tidak diperhatikan oleh pemasar tetapi sebenarnya harus diperhitungkan untuk mengetahui seberapa jauh faktor-faktor perilaku konsumen tersebut mempengaruhi pembelian konsumen.
Proses pengambilan keputusan pembelian ada lima tahap yaitu
a. pengenalan kebutuhan,b. pencarian
informasi, c.pengevaluasian alternatif, d.keputusan pembelian, dan e. perilaku
setelah pembelian
Tetapi pada faktanya banyak orang melakukan suatu pembelian dengan pandangan dari masing individu terhadap suatu produk yang di nilai baik.
Tetapi pada faktanya banyak orang melakukan suatu pembelian dengan pandangan dari masing individu terhadap suatu produk yang di nilai baik.
A. Pengenalan Kebutuhan
Inividu
dalam menentukan barang yang akan dibeli pasti akan mempertimbangkan faktor
kebutuhan bagi inividu tersebut, contohnya individu pasti membutuhkan
sesuatu,misalkan makan,minum,dll. Sehingga inividu tersebut cenderung
mendahulukan keinginannya kepada sesuatu yang paling ia butuhkan. Demikian
juga dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya, inilah yang dinamakan proses
pengenalan kebutuhan sebagai tahap awal dalam proses pengambilan keputusan.
B. Pencarian Informasi
Sebelum mengambil keputusan untuk membeli pasti kita akan melakukan pencarian informasi terhadap barang yang akan kita beli. Entah dari segi merek, kualitasnya ataupun harga dari barang tersebut. Proses ini guna lebih meyakinkan kita untuk membeli suatu prouk atau barang nantinya.
C. Pengevaluasian Alternatif
Misalkan individu mendapat informasi dengan berbagai merek dan harga yang bervariasi,di pastikan hal ini akan mempengaruhi tingkat alternative yang akan diambil oleh individu tersebut
D. Keputusan Pembelian
Keputusan pembelian ini diambil setelah seseorang telah melakukan pencarian informasi ataupun pengevaluasian terhadap suatu produk yang akan dibeli. Setelah inividu telah benar-benar yakin terhadap kualitas dari barang tersebut maka pembeli proses pembelian saat itu dapat di wujudkan.
E. Perilaku Setelah Pembelian
Dengan
pembelian yang sudah terjadi maka individu berhak menentukan tingkat kepuasan
yang ia dapat setelah melakukan prosoes pembelian,jika individu sebagai
konsumen terpuaskan akan prouj terdebut maka ini menjadi hal positif bagi pemasaran merek atau produk yang telah
terjual namun bila hasil kepuasan sangat mengecewakan maka dipastikan penjualan
dari merek atau produk tersebut akan menurun.
sumber referensi :
jurnal-sdm.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar